Wednesday, 12 April 2017

Tips mengatasi laptop kepanasan, berikut solusinya

Tags

Tips mengatasi laptop kepanasan, berikut solusinya-  kali ini ADIBIHAK akan membahas masalah tentang overheat. Masalah ini kerap sekali saya dengar pada saat seseorang menggunakan laptop. Kepanasan biasa disebut overheat.

Laptop yang sering digunakan tanpa berhenti, pasti akan mengalami masalah overheat. Terutama saat digunakan untuk nge-game. Masalah overheat di dalam laptop dapat disebabkan oleh banyak hal, baik pengaruh internal maupun eksternal.

Masalah overheat dapat disebabkab oleh

  • Nge-game
  • Menjalankan program yang berat
  • Fan di laptop tidak berfungsi
  • Thermal paste habis
  • Biasanya widget didekstop komputer banyak yang langsung berjalan atau autorun
Laptop overheat? Berikut solusinya


Masalah overheat saat menggunakan laptop biasa terjadi. Namun, banyak yang bingung mengatasinya. Padahal cara mengatasi laptop yang mengalami overheat terbilang mudah.

Cara mengatasi laptop overheat
1 perhatikan tempat meletakkan laptop
Penempatan laptop berpengaruh besar terhadap masalah overheat. Jangan sekali - kali meletakkan laptop di bawah sinar matahari langsung dan jangan letakkan di dalam mobil. Namun, jika sudah pernah dilakukan itu tidak apa - apa dan jangan sampai mengulang kesalahan yang sama kembali.

Penempatan laptop dibawah sinar matahari akan meningkatkan suhu laptop sobat. Untuk itu sobat dapat pindah ketempat yang sejuk dan lebih baik masukkan laptop ke tas saat dibawa pergi.

Penempatan di dalam mobil juga berpengaruh. Nah, kegiatan atau perilaku ini jarang di perhatikan. Semakin lama mobil itu digunakan, maka mesin pada mobil tersebut akan ikut panas. Kemudian suhu di dalam mobil ikut panas akibat mesin mobil dan sinar matahari. Setelah itu suhu pada laptop sobat akan ikut naik dan mengalami overheat.

2 perhatikan thermal paste
Nah, hal yang satu ini sering kali di lupakan bahkan tidak diketahui. Benar bukan? Proses overheat atau pemanasan pada laptop tidak semata - mata dari proses eksternal. Proses internal juga berpengaruh terhadap pemanasan pada laptop.

Proses pengolahan data pada laptop dilakukan oleh prosesor. Prosesor di dalam laptop membutuhkan sebuah pendingin. Thermal paste ini berfungsi untuk mendinginkan prosesor saat melakukan atau setelah melakukan kegiatan pemrosesan. Thermal pasta sering kali dilupakan oleh pemilik laptop.

Thermal paste di laptop sebaiknya sering - sering di cek. Bisa saja thermal paste di laptop sudah kering atau berkurang jumlahnya. Untuk mendapatkan suhu laptop yang stabil lebih baik sobat ganti thermal paste di laptop sobat selama 5 - 6 bulan sekali.

3 mengecek fan pada laptop
Masalah ini paling mudah untuk ditemukan. Saat proses di laptop berjalan pasti suara putaran dari dan atau kipas di dalamnya juga berbunyi. Namun, suara yang dihasilkan tidak Kasar hanya seperti suara kipas berputar pada umumnya.

Laptop overheat? Berikut solusinya

Fan di laptop juga mempengaruhi masalah kepanasan atau overheat di laptop. Kipas ini berfungsi untuk mengeluarkan suhu panas di laptop sobat. Fungsinya sama dengan thermal paste. Hanya saja bentuknya berbeda.

Hal yang harus dilakukan saat fan di laptop tidak berfungsi 

  • Coba cek fan di laptop apakah dapat hidup atau tidak
  • Cek kabel yang menghubungkan, apakah sudah putus atau gimana
  • Bersihkan fan di laptop jika mengeluarkan bunyi yang bising dan dapat mengganggu sobat


4 netralkan suhu
Setelah mengalami overheat yang lama sebaiknya jangan langsung dihidupkan laptop sobat. Biarkan suhu di dalamnya stabil dan turun terlebih dahulu. Biarkan sebentar dan sobat dapat melakukan aktivitas yang lain.

Hal ini bertujuan setelah mengalami atau melakukan proses yang membuat laptop overheat, biarkan laptop istirahat sebentar. Sama halnya dengan manusia. Setelah melakukan hal yang berat sebaiknya istirahatkan sebentar agar performanya dapat optimal dan tidak mengalami kerusakan pada hardware.

Demikian ulasan saya tentangTips mengatasi laptop kepanasan, berikut solusinya  . Jika kurang paham, kalian dapat berkomentar di bawah ini

Semoga bermanfaat, terima kasih.

5 comments

Gan komponen dalam laptop apa sama persis seperti PC

Rata - rata sama mas, namun ada perangkat yang berbeda, seperti di pc menggunakan Power supply sedangkan di laptop menggunakan baterai sebagai sumber daya

Thanks gan infonya, boleh dicoba jga nih caranya soalnya laptop ane juga mudah panas.

mungkin saya harus inget inget tulisan diatas...karna laptop sering sekali kyk openan


EmoticonEmoticon